h1

Penilaian Investasi

Juli 4, 2009

Salah satu cara untuk mengembangkan suatu usaha adalah dengan melakukan investasi baru. Sebelum melakukan investasi, perlu dilakukan studi kelayakan untuk memperkirakan apakah investasi yang dilakukan layak atau tidak, salah satunya ditinjau dari segi keuangan. Metode yang biasa dipetimbangkan untuk dipakai dalam penilaian aliran kas kas dari suatu investasi yaitu: payback period, net present value, dan internal rate of return.

  • Payback period adalah suatu periode atau jangka waktu tertentu yang diperlukan untuk menutup kembali pengeluaran yang telah dikeluarkan (Initial Cash Investment) dengan menggunakan aliran kas. Dengan kata lain payback period merupakan rasio antara initial cash investment dan cah flow yang hasilnya merupakan satuan waktu. Selanjutnya nilai rasio akan dibandingkan dengan maximum payback period yang dapat diterima.

1

  • Net present value adalah selisih antara present value dari investasi dengan nilai sekarang dari penerimaan-penerimaan kas bersih di masa yang akan datang. Untuk menghitung nilai sekarang perlu ditentukan tingkat bunga yang relevan.

2

  • Internal rate of return. Metode ini digunakan untuk mencari tingkat bunga yang menyamakan dengan nilai sekarang dari kas yang diharapkan, dengan pengeluaran investasi awal.

3

Atau dengan cara interpolasi 2 (dua) suku bunga:

4

Sedangkan penilaian kriterianya adalah IRR yang didapat lebih besar daripada rate of investment maka investasi dapat diterima.

Tinggalkan komentar