h1

Manusia Bisa Tumbuhkan Lagi Bagian Tubuh yang Rusak

Juli 2, 2009

Tangan dan kaki manusia yang teramputasi bisa ditumbuhkan lagi seperti yang terjadi pada hewan reptil dan amphibi. Hal ini juga berlaku bagi tulang punggung yang patah dan otak yang telah rusak. Ini bukanlah cerita dalam film fiksi ilmiah, namun kenyataan yang diklaim oleh para ilmuwan.

Tim dari University of Florida mencoba mencari tahu bagaimana seekor kadal bisa menumbuhkan kembali bagian tubuh mereka yang rusak. Kemampuan ajaib ini rupanya hampir mirip dengan proses penyembuhan luka pada manusia.

Mereka percaya bahwa suatu saat nanti mereka bisa menyingkap rahasia itu dengan sempurna dan menerapkannya pada manusia. Dengan demikian, manusia bisa memprogram kembali dan memperbaiki bagian tubuh yang rusak secara mandiri. Demikian keterangan yang dikutip dari Telegraph, Kamis (2/7/2009).

Hal paling unik pada amphibi adalah pada saat mereka kehilangan lengan, saat itu pada bagian tubuh yang luka akan muncul benjolan yang disebut blastema.

Tiga minggu kemudian, blastema akan bertransformasi menjadi lengan baru yang berfungsi dengan baik seperti lengan yang hilang sebelumnya.

Tim dari University of Florida telah menemukan bukti ilmiah bahwa hal itu bisa juga terjadi pada manusia dan sangat masuk akal.

“Kita bisa mempelajari bagaimana mereplikasi ini pada manusia. Penemuan ini memberikan kita lebih banyak harapan untuk bisa menumbuhkan kembali susunan jaringan tubuh manusia,” Professor Malcolm Maden.

Menurut Maden penemuan pada amphibi dan kadal bisa dijadikan contoh model yang bisa diaplikasikan dalam ilmu pengobatan manusia.

“Jika kita bisa memahami bagaimana kadal dan amphibi bisa melakukannya, maka bukan tidak mungkin jenis mamalia seperti manusia pun memiliki kemampuan yang sama,” tandasnya.

(http://www.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: