h1

Debu Lelehkan Gunung Es Lebih Cepat

Juli 2, 2009

Debu dan asap polusi udara berpengaruh besar dalam proses pencairan gunung es. Para ilmuwan mengatakan, hal ini juga turut dipengaruhi oleh proses pemanasan global yang meningkatkan kadar debu dan polusi di udara.

Debu polusi ini menggelapkan warna permukaan salju yang tadinya putih, warna gelap kemudian menyerap cahaya matahari dan membuat temperatur salju menghangat. Hal ini menyebabkan salju meleleh lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Demikian keterangan dari para ilmuwan yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Science, dikutip dari News Yahoo, Selasa (30/6/2009).

“Sangat menarik memperhatikan bahwa warna permukaan bentang alam yang berbeda bisa menimbulkan terjadinya interaksi antara gunung dan matahari,” kata Director of the Center for Snow and Avalanche Studies, Chris Landry.

Dalam studi ini para ilmuwan mengadakan uji coba di gunung San Juan Mountains di Colorado. Beberapa daerah sengaja dibiarkan tersaput debu secara alami. Sementara daerah lain, diberi tambahan debu buatan.

Hasilnya, rata-rata daerah yang tidak terlalu banyak debu mengalami proses pencairan salju dalam kurun waktu tujuh sampai 11 hari. Sementara bagian yang sengaja diberikan salju tambahan mengalami proses pelelehan salju lebih cepat yaitu dalam kurun waktu hanya 11 hari.

Berdasarkan data, secara keseluruhan tingkat polusi debu di pegunungan saat ini lima kali lebih besar dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya di abad ke-19.

Hal ini tidak terlepas dari dampak meningkatnya aktivitas manusia yang merambah hingga ke daerah pegunungan salju. Perubahan cuaca pun turut menyumbang akumulasi tingkat polusi debu yang lebih besar yang berdampak pada pemanasan daerah bersalju.

(http://www.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: