h1

Bulan Miliki Kadar Uranium

Juli 2, 2009

Terdapat banyak hal luar biasa di alam semesta, termasuk salah satunya adalah segala hal yang ada di Bulan. Data terbaru yang datang dari pesawat ulang alik milik Jepang menyatakan bahwa Bulan menyimpan kandungan uranium.

Temuan ini menjadi bukti pertama yang meyakinkan akan keberadaan bahan radioaktif di Bulan. Data terbaru ini mempertegas bahwa perangkat energi nuklir bisa dibangun di Bulan. Bahkan satelit alamiah Bumi tersebut bisa menjadi sumber bahan tambang uranium yang diperlukan Bumi.

Pesawat ulang alik Kaguya yang diluncurkan pada 2007, mendeteksi uranium dengan perangkat spectometer sinar gamma. Para ilmuwan menggunakan berbagai instrumen untuk membuat peta gambaran komposisi permukaan Bulan. Demikian keterangan yang dikutip dari Space.com, Selasa (30/6/2009).

Peta tersebut menggambarkan bahwa permukaan Bulan memiliki kadar thorium, potassium, oxygen, magnesium, silikon, kalsium, titanium dan besi.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa Bulan memiliki banyak kadar uranium, yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya,” kata Robert Reedy, ilmuwan senior dari Planetary Science Institute.

“Kami menemukan lebih banyak elemen baru dan memperbaharui penemuan yang tertera pada peta yang lama,” tambahnya.

Penemuan ini dapat membantu menentukan lokasi untuk membangun koloni lunar yang akan datang, untuk kebutuhan energi yang bisa didapat dari perangkat energi nuklir yang dibangun di bulan.

Lebih lanjut, Bulan bisa menjadi sumber bahan uranium yang menguntungkan untuk mencukuppi kelangkaan uranium di Bumi.

(http://www.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: